Menjajal Purinawa Sun Salutation

Sejumlah guru yoga yang mengisi di Yoga Gembira Festival membawa gaya dan sequence ciptaan mereka masing-masing. Salah satunya adalah Ryan Purinawa. Pada kelas terakhirnya di Yoga Gembira Festival, dia mengisi kelas untuk Vinyasa Happy Arm Balance dan Inversion. Kelas yang berlangsung pukul 4 sore ini ramai didatangi para yogini yang ingin menjajal vinyasa ala Ryan.

Paduan antara gerakan sun salutation tradisional dipadu dengan warrior series dan beberapa gerakan keseimbangan. Seperti dibilang tadi, core sangat dilatih dengan banyaknya variasi plan dan vinyasa.

Dan benar saja, sequence pertama dia beri nama Purinawa sun salutation, modifikasi sun salutation A&B dalam satu sequence. Riki Iskandar, seorang peserta tampak antusias kemudian kelelahan mengikuti enam putaran Purinawa sun salutation. “Saya beberapa kali mendapat variasi sun salutation dari guru-guru yoga, some are fun and some are boring. Purinawa sun salutation versi Ryan ini seru karena banyak variasi plank yang bikin core kuat. Dan ini set sun salutation terpanjang yang pengen saya ikuti.” jelas Riki.

Namun, Ryan mengajar dengan penuh senyum dan instruksi yang jelas. Meski beberapa yogini bertumbangan, dia tetap menginspirasi untuk rehat sejenak dan melanjutkan latihan. “Pada dasarnya dalam melakukan latihan yoga itu, be humble, tetap rendah hati saja. Apa sih gunanya Anda bisa inversion, handstand, jalan dengan tangan? Tidak begitu penting kan. Yang penting melakukan gerakan yoga dengan sadar dan rendah hati.” tandas Ryan. (Johana/foto:Bobby)