Ryan Purinawa Berbagi Panduan Mengajar Yoga di Yogfest 2014

Di tengah hujan deras, instruktur yoga Ryan Purinawa berbagi ilmu tentang susunan mengajar yoga. Mungkin tidak semua orang memiliki sertifikasi guru Yoga untuk mengajar, namun dengan pengalaman yang cukup dan semangat berbagi, maka dimungkinkan untuk berbagi.

Ryan menyebutkan, susunan sebuah sesi yoga dimulai dari pernafasan, surya namaskar atau sun salutation, standing postur, balancing postur, inversion, backward bending, twisting portur, forward bending postur, sitting postur dan relaksasi alias savasana.

“Asana alias postur adalah tingkat ketiga, dibawah Pranayama atau latihan pernafasan dan samadi,” kata Ryan. Pada prakteknya, banyak yogini yang mengutamakan asana daripada lainnya. Padahal semua itu merupakan keseluruhan proses yoga yang tidak terpisahkan.

“Ingat selalu untuk rendah hati, be humble. Yoga adalah olah tubuh, melatih cakra, spine, dan membuat sirkulasi darah lebih lancar.” tutur Ryan. Dalam melakukan yoga, ingat selalu untuk membagi energi. Meskipun dalam sebuah asana, ada satu bagian tubuh yang bekerja lebih keras, namun selalu bagi energi, dan jangan lupakan sisi yang lain.

“Yoga bukan kompetisi. Namun Anda sendiri yang membuat kompetisi itu. Yoga adalah perjalanan pribadi, dimana Anda harus selalu ingat untuk rendah hati.” tandas Ryan. (johana)